2022 dan Segala Kenangan



Tahun 2022 versi gue, banyak banget hal yang serba tiba-tiba. Yes, tiba-tiba sering bolak-balik RS, tiba-tiba "rajin" bikin kue, tiba-tiba ngajar privat, tiba-tiba jadi MC, dan masih banyak tiba-tiba lainnya. Ini bukan karena ngikutin vindes saker, ya. Nanti dikira tulisan dan hidup gue idenya ngambil dari Tiba-Tiba Tenis lagi wkwk

Agak bingung, sih, sebenernya harus mulai darimana. Karena gue juga ga yang inget-inget banget sama yang udah terjadi sepanjang 2022 ini. Cuma ini yang berhasil gue inget dan bener-bener sangat membekas di hidup gue wkwk baik-baiknya diambil, yang buruk harap tida ditiru, ya, gaes!

Kalo gue ga salah inget, 2022 gue buka dengan memberanikan diri ke dokter gigi. Karena waktu itu bener-bener udah ga tertahankan banget sakit gigi. Gusi bengkak, cenat-cenut. Akhirnya, kepake lah tuh fasilitas BPJS kesehatan gue xixixi konsultasi ke dokter gigi di salah satu klinik. Ini agak kurang ramah, sih, dokternya. Kayak jawab pertanyaan juga males gitu kesannya. Ya, setelah konsul dan cek, ternyata lubang gigi gue udah parah tapi masih bisa ditambal. Syukur Alhamdulillah, gue udah khawatir aja takut yang parah banget. Udah sampe searching gimana kalo sampe harus PSA alias Perawatan Saluran Akar, huhu ga kebayang.

Next, scalling gigi. Di minggu yang berbeda gue dateng lagi, karena waktu tambal gigi minta sekalian scalling ga bisa. Ya, maklum namanya juga pasien BPJS, katanya dalam sehari cuma bisa 1x tindakan hehe yaudah lah balik lagi di minggu berikutnya buat scalling. Alhamdulillah, dapet dokter yang super ramah. Happy banget akutuuu. Dokternya doyan ngobrol, nanya-nanya mulu, tapi gue susah jawabnya. Ya, gimana ya, orang gue sambil nganga xixi oiya, for your information, mungkin ada yang belum tau. Scalling udah ga ditanggung BPJS, gaes. Kecuali emang ada indikasi medis. Ya, gue ga paham, sih, indikasi medis itu macem mana? Soalnya, gue bilang "saya mau scalling karena gigi suka berdarah, dok." Gue pikir alesan itu termasuk indikasi medis, ternyata tida, gaes. Yaudah lah ya, bayar deh tuh scalling. Untung dokternya sangat baik. Kasih saran pasta gigi. Kasih tau pengetahuan juga yang gue juga baru tau. Jadi, ternyata gigi yang kotor itu justru gigi yang jarang kita pake, lho, gaes! "Ini kamu pasti ngunyah makanan di sebelah kanan terus, ya? Keliatan, nih, gigi kirinya lebih kotor." Waw, kukira gigi yang tida dipake akan selalu shining, shimering, splendid, ternyata tida gaes. So, ngunyah mamnya kalo bisa gantian, gigi kiri dan kanan.

Selanjutnya, gue jadi hobi olahraga. My role model dalam hal ini adalah Clarissa Putri. Olahraga ini gue mulai akhir Januari. Wah, bener-bener deh, rajin liat aerobic atau BL di yutub, mulai dari durasi 15 menit, 20 menit, 25 menit, 30 menit, sampe sekarang boro-boro dah, ga pernah lagi wkwkwk zuzur, istiqamah memang sangat sulit. Ga cuma olahraga (pada waktu itu), gue juga defkal. Makan nasi masih, cuma bener-bener dikurangin. Hobi masak sendiri juga, mulai dari tumis brokoli, tumis kacang panjang, pakcoy, lauknya dada ayam fillet, ikan, tahu panggang, no jajan-jajan, cheating masih, sih, wkwk. Trus apa hasilnya? Lumayan, orang-orang sampe bilang, "Indira kok kurusan." Yhaa sekarang, sih, dah ga ada yang bilang gitu wkwk.

((Makanan selama defkal))

Baru sekira 2-3 bulanan nerapin pola hidup sehat, eh qadarullah, Allah kasih nikmat haid yang ga berkesudahan huhu. Mana waktu itu pas banget lagi bulan puasa. Jadiii, puasa gue bolongnya banyak banget, sampe 13 hari! Biasanya paling cuma 5 hari. Trus apa hubungannya pola hidup sehat sama haid panjang? Ya, gatau ya wkwk menurut analisa sotoy gue, searching-searching, katanya sih ada ngaruhnya juga. Bisa jadi tubuh kaget, yang tadinya gapernah olahraga, makan asal-asalan, kok tiba-tiba berubah. Ngaruh lah si hormon itu. Ada juga artikel yang nyebut, mungkin olahraganya terlalu diforsir. Tapi ada juga yang bilang ga ngaruh, justru bagus olahraga dan defkal. 

Nah, gue pikir haid berkepanjangan ini cuma sekali aja, nih. Eh, kok sampe ke siklus haid berikutnya, berikutnya lagi, berikutnya lagi dan lagi, kok masih berulang terus. Akhirnya gue memanfaatkan lagi fasilitas BPJS dan ketemu dokter umum. Ada kali 3x bolak-balik ketemu dokter umum dan cuma dikasih obat untuk penghenti perdarahan dan vitamin. Huhu padahal kan pengennya langsung dirujuk ke dokter kandungan, supaya jelas ada apa. Tapi, ya, apa mau dikata. Namanya juga BPJS tentu tida semudah itu buat minta rujukan. Sampe diketusin dokter akutu:( hikzz membekas banget di hati pas minta langsung dirujuk aja, karena udah berkali-kali berobat, haid tetep lama. Kata-kata dokter umum pas gue minta rujukan, "dah lah nih, biar kamu puas!" Sambil ngasih kertas dengan gaya arogan. Hadeh.

Daan, di bulan Agustus 2022, setelah melewati beberapa kali siklus haid yang tida berkesudahan, akhirnya gue dateng ke dokter kandungan. Agak malu juga, sih, sebenernya. Takut orang mikir macem-macem gitu, kok belum nikah ke dokter kandungan xixi gue santai, sih, cuma ya netizen +62 kan agak unik gitcuuu. Udah mah gue ke RS sendirian kan tuu, antre nungguin dokternya barengan sama bumil-bumil yang didampingin suaminya wkwk gue petantang-petenteng aja sendirian wkwk. Mana dokternya malem praktiknya, jadi gue di RS sampe jam berapa tuh, ya, lupa. Pokoknya sepi dah, gue nebus obat aja kayak horor gitu wkwk

((Gabut menunggu obat))

25 tahun hidup, akhirnya ngerasain juga namanya USG. Yaampun, padahal mah ya belum nikah, bukan lagi promil, ya emang ada masalah aja ini sama haid sampe harus USG. Yang lebih malu lagi sebenernya karena dokternya laki huhu tapi baik sih beliau. Jadi, dari hasil USG, dokternya bilang hormon gue ga seimbang. Akhirnya dikasih lah tu obat hormon terussss dibilangin buat kurusin badan wkwk cerita lah tu gue kalo sebelum haid panjang, gue lagi rajin olahraga, atur pola makan. Trus dokternya bilang bagus, teruskan! Eh, tapi sekarang ga diterusin, sih. Wkwk

Alhamdulillah, setelah berkali-kali ke dokter dan dikasih obat hormon, haid gue kembali normal. Ini udah ketiga kali siklus, masih normal. Semoga normal terus, ya. Stress banget kalo haid ga udah-udah tuh, mana puyeng, takut kekurangan darah aja jadinya. Pada intinya, alasan haid panjang itu beragam ya gaes. Kalo gue karena dah pasti kegemukan, jadi hormon ga seimbang. Kekurusan juga bisa jadi sama juga gaes. Bisa juga karena stress, pola hidup yang tidak baik, dan alasan-alasan lain yang bisa dikonsultasikan langsung ke dokter. Semoga kita sehat selalu, ya, gaes!

2022, usia gue genap 25 tahun. Di mana kata orang-orang sih ini masa-masa quarter life crisis. Terlepas dari "kehororan quarter life crisis", gue mau ucapin makasih banget yang selalu perhatian, berusaha membuatQ happy di momen pergantian usia. Siapa pun yang turut mendoakan, ngasih kado, dan lain-lain, thanks banyak-banyak. Salah satunya dari merekaaa, Shera dan Wiji yang akhirnya main ke Tambun!!! Sekian tahun temenan, mendarat juga kalian di Tambun wkwk

((SayangQ luv))

((Lanjut nyushi tei sama Shera Wiji, padahal dah lewat seminggu))


Next, 2022 ini bener-bener banyak hal yang tiba-tiba aja gitu terjadi ke gue. Kayak tiba-tiba ditunjuk jadi MC acara 17an di RT wkwk mungkin B aja buat orang yang udah sering tampil di depan umum. Tapi kalo gue, itu hal yang keren banget wkwk sebuah pencapaian baru yang patut dibanggakan! Ya karena gue anaknya kan cupu banget buat tampil di depan, malu abis, ngomong juga ngang-ngong-ngang-ngong, tiba-tiba suruh nge-MC. Matilah. Tapi, gapapa. Gue menerima tawaran tersebut dan mulai belajar gimana caranya nge-MC. Walaupun sih, gue ngajar anak ekskul, tapi rasanya beda ngajar sama nge-MC wkwk jadi tetep kudu harus nyari tau. Alhamdulillah, nge-MC berlangsung lancar. Sampe emak gue bangga banget wkwk mantap, ibarat main game, ini gue udah naik level banget, dah berani tampil nge-MC.

Ga cuma tiba-tiba nge-MC, gue juga tiba-tiba ditawarin ngajar les privat anak SD. Aduh, jujur kangen banget ngajar anak-anak kecil. Dulu ngajarin anak tetangga baca, nulis, berhitung. Bulan Agustus ditawarin Amel buat ngajar anak lesnya karena dia udah keterima di salah satu sekolah. Awalnya sih ragu, karena gue bukan lulusan guru dan gapunya basic ngajar. Tapi, gue suka ngajarin anak-anak (lebih ke main, sih, hehe). Alhasil, ya, nerima tawaran ngajar privat. Bergurulah dengan Pak Dana. Beliau ngasih banyak petuah berharga ke gue yang intinya "kalo ngajar tuh yang pertama bersihin hati kita dulu dir, biasanya saya istighfar dulu." Banyak banget pokoknya petuah dari Pak Dana. Sampe terharu akutuuu kalo ngobrol sama Pak Dana huhu. Alhamdulillah, privat masih berjalan sampe sekarang. Walaupun ada kalanya gue bingung harus ngapain dan gimana lagi wkwk semoga bisa lebih baik lagi nemenin anak-anak belajar dan moga anak muridku jadi anak yang sukses sesuai kemampuannya, aamiin.

Tiba-tiba selanjutnya adalah tiba-tiba dagang! Haha. Sebenernya udah dari dulu pengen banget jualan, setiap bikin kue kering rasanya pengen banget jualin ke orang-orang, cuma gue tuh anaknya ga pedean, takut rasanya ga bisa masuk di lidah orang-orang. Kalo ditanya, yang bikin akhirnya pede apa? Apayaa.. mungkin titik awalnya karena pas lebaran tahun 2022, gue bikin hampers ala-ala yang isinya nastar, kastengel, dan choco stick buat bestie-bestieQ. Eh, dapet responnya baik semuaaa. Huhu sayanggg. Sampe ada yang mau pesen, cuma balik lagi, masih belum pede. Alesan selanjutnya karena peralatan yang minim wkwk 

((Hampers lebaranQ buat bestie))


Trus akhirnya di Bulan September, gue dan adek gue, Isnan mencoba peruntungan dengan jualan Nasi Bakar Ayang. Haha agak ga nyambung, sih, ya. Dari kue kering kenapa ke nasi bakar? Yaa, emang sebenernya Isnan tuh pengen banget jualan nasi bakar. Kata dia masih jarang penjual nasi bakar di sekitaran rumah. Percobaan dulu dah tuh di rumah, nyiapin ini itu, printilan-printilan yang tidak sedikit, masak yang rempong, dll. Ya, menurut kita sih enak waktu percobaan pertama wkwk sampe akhirnya pede open PO xixi

((Hasil percobaan pertama))

Ga nyangka, open PO pertama responsnya banyak banget! Kirain paling banyak juga 10 porsi. Eh, sampe 46 porsi! Alhamdulillah. Review-review-nya juga lumayan, untuk pertama kali, sih, not bad. Walaupun ada beberapa yang komen kurang-kurang, it's okay. Itu masukan buat kita buat memperbaiki kualitas. Sampe PO terakhir, batch 5, Nasbak Ayang udah menjual kurleb 300 porsi. Makasiii banyak yang udah cobain dan kasih masukan buat Nasi Bakar Ayang, eaa. Maaf banget belum open PO lagi, karena emang bikin nasi bakar ga semudah itu, gaes wkwk gempor banget, asli. Kudu bangun jam 3, yang bikin gue pas di kantor ngantuk abis wkwk doain aja semoga mood gue dan Isnan bagus, biar semangat bikin nasi bakar lagi xixi

((Isian yang bikin ngiler))

Nah, karena kita capek bikin nasi bakar. Kita mencoba peruntungan dengan jualan pastry-pastry-an wkwk random banget emang jualannya. Ini juga gegara gue tuh pengen banget chocban kan awalnya. Cuma mahal banget, dah gitu jauh. Akhirnya eksperimen bikin sendiri deh tu, bermodal tutorial yutub. Pas jadi kok enak, meminimalisir kerinduanQ akan chocban wkwk trus biasa kan, anak socmed banget, gatel gitu kalo ga update wkwk canda. Update kan tuh, eh banyak yang komen mauuu. Yaaa, jadilah kita jualan choco banana puff atau banana strudel, cheese roll dan choco roll ala-ala toko ternama, dan juga zuppa sup. Alhamdulillah lagi, responsnya temen-temen bagus-bagus banget, banyak yang sukaaa. Zuzur, happy dan terharu banget kalo banyak yang suka sama dagangan gue huhu malah banyak banget yang pada ketinggalan PO, trus pengen dibikinin juga. Makasiii banyak semuanyaaa. Semoga berkah buat temen-temen yang udah bantu beliii. Buat yang belum kebagian, sampai jumpa di 2023, ya! InsyaAllah kita bertemuuu, gaes!

((Jualan pastry ala-ala))

Ga sampe di situ, di 2022 banyak hal-hal yang bikin happy. Ga melulu tentang gue. Tapi tentang nikahan temen gue wkwk untuk pertama kalinya gue dateng ke nikahan temen tuh excited banget! Iya, nikahan si Mpuy dan Fariz wkwk kenapa ya, kayak yang bener-bener pengen liat banget wkwk soalnya si Fariz ini temen kuliah gue, trus si Mpuy ini temen sekolah sekaligus tetangga gue. Nah, mereka itu kenalnya dari gue wkwk gegara Fariz nyolong kontak si Mpuy di Line wkwk ga deng, seinget gue waktu itu gue sama Fariz lagi ngerjain tugas kuliah, trus gue bilang ke Fariz "postingan lu yang sama temen lu (cewek), kok temen lu mirip sama temen gue sih?" Nah, dari situ dia penasaran, gue unjukkin lah foto si Mpuy yang menurut gue mirip sama temen dia. Eh, dah dikasih unjuk fotonya, malah ngelunjak minta kontaknya wkwk alhamdulillah-nya Fariz Mpuy awet sampe sekarang dah nikah huhu. Padahal gue pikir, Fariz cuma becandaan doang, karena Fariz kan orangnya selengean abis wkwkwk canda. Trus si Fariz sendiri yang bilang "gue kasih jco kalo ntr gue nikah sama Putri." Wkwk alhamdulillah ya, jco 2 lusin sudah mendarat! Mungkin alesan gue excited banget sama nikahan Fariz Mpuy karena mau dapet jco? Wkwk ga deng, canda. Tapi beneran gue happy banget, ga biasanya dateng nikahan orang sesemangat itu wkwk

((Bersama manten))

((Jco dari manten))

Momen nikahan excited selanjutnya adalah nikahan Iqbal! Haha ini sih, udah ada part sendiri ya di blog sebelumnya yang berjudul "Gara-gara Iqbal" mulai dari happy, terharu, nangis, banjir, galau, dan lain-lain dah tertuang lengkap di blog sebelumnya. Jadi gini ya rasanya bestie kita nikah? Huhu sampe sekarang kayaknya belum bisa move on wkwk lebih ke gabisa move on sama staycation-nya sih. Kumpul lagi dong, kita liburan huhu

((1/6 sold out))

((Sisa 5, yuk bisa yuk 2023 nyusul Iqbal))

((Lagi kali ah))

2022 ditutup dengan Family's day out ke SMB aja yang deket wkwk. Mamaku pengen kali mam sushi yang jalan gitu sushinya wkwk alias pengen mam sushi duduk di minibar. Cuma apalah, kemarin sushi tei lagi rameee banget, dapetnya yang di table huhu. Ya udah, it's okay. Abis nyushi, mamak pengen nyicip gelato, belilah gelato cuma agak zonk kayaknya wkwk tapi terselamatkan dengan Froyo Sour Sally. Dah pokoknya, jajan akhir tahun menutup serangkaian momen 2022 yang penuh suka dan duka. Yang diceritain sukanya aja ya, dukanya biar gue keep sendiri dan jadi bahan evaluasi gue xixixi

((Jajan akhir tahun))


Sampe jumpa di 2023, gaes! Siap mengukir memori baru bersama kalian lagi. ((Kalian siapa? Wkwk)) all the best, semoga banyak hal-hal baik di 2023. Aamiin.

 

Komentar

Postingan Populer